06/07/11

Strategi Pemasaran (Sebuah Pemahaman Singkat)

Pengertian Pemasaran 
Pemasaran mengandung pengertian yang lebih luas dari sekedar penjualan dan periklanan. Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial di mana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain (Tjiptono, 2002). Definisi ini berdasarkan pada konsep inti, yaitu: kebutuhan, keinginan dan permintaan; produk, nilai, biaya dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan; pasar, pemasaran dan pemasar.
Adapun tujuan pemasaran adalah mengenal dan memahami pelanggan sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya. Idealnya pemasaran menyebabkan pelanggan siap membeli sehingga yang tinggal hanyalah bagaimana membuat produknya tersedia. Sedangkan proses pemasaran terdiri dari analisa peluang pasar, meneliti dan memilih pasar sasaran, merancang strategi pemasaran, merancang program pemasaran, dan mengorganisir, melaksanakan serta mengawasi usaha pemasaran.
Theodore Levit dalam Kotler (2002) memberikan perbedaan permikiran yang kontras antara penjualan dan pemasaran: “Penjualan berfokus pada kebutuhan penjual, pemasaran berfokus pada kebutuhan membeli penjualan, memberi perhatian pada kebutuhan penjual untuk mengubah produknya menjadi uang tunai, pemasaran mempunyai gagasan untuk memuaskan kebutuhan pelanggan lewat sarana sarana produk don keseluruhan kelompok barang yang dihubungkan dengan hal menciptakan, menyerahkan dan akhirnya mengkonsumsi.
Dari definisi di atas menunjukkan bahwa pemasaran merupakan serangkaian prinsip untuk memilih pasar sasaran (target market), mengevaluasi kebutuhan konsumen, mengembangkan barang dan jasa, pemuas keinginan, memberikan nilai kepada konsumen dan laba bagi perusahaan. Pemasaran merupakan konsep kunci keberhasilan suatu bisnis dimana pemasaran dengan memperhatikan keinginan dan kebutuhan pemenuhan pelanggan untuk tercapainya, kepuasan memberi dampak positif bagi perusahaan, di era persaingan bisnis yang begitu canggih dewasa ini.
Pemasaran merupakan salah satu bidang fungsional yang sangat penting dalam suatu organisasi bisnis sebagai penunjang utama, bagi kelangsungan hidup operasional suatu dunia usaha. Pemahaman pemasaran bagi pihak pemasaran sangat penting dalam rangka pengenalan kebutuhan dan keinginan pelanggan, penentuan pasar sasaran mana yang dapat dilayani dengan sebaik-baiknya oleh perusahaan, serta merancang produk, jasa dan program yang tepat untuk melayani pasar tersebut.

Strategi Pemasaran
Menurut Hadi Sugito (2008) strategi pemasaran adalah serangkaian tindakan terpadu menuju keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran adalah :
1. Faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat
2. Faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya.

Strategi dan kiat pemasaran bila ditinjau dari sudut pandang penjual meliputi 4P, yaitu:
1. Tempat yang strategis (place)
2. Produk yang bermutu (product)
3. Harga yang kompetitif (price)
4. Promosi yang gencar (promotion).

Sedangkan bila ditinjau dari sudut pandang konsumen, meliputi 4C, yaitu:
1. Kebutuhan dan keinginan pelanggan (customer needs and wants)
2. Biaya pelanggan (cost to the customer),
3. Kenyamanan (convenience)
4. Komunikasi (comunication).

Tujuan akhir dan konsep, kiat dan strategi pemasaran adalah kepuasan pelanggan sepenuhnya (“total Customer Statisfaction”). Kepuasan pelanggan sepenuhnya bukan berarti memberikan kepada apa yang menurut kita keinginan dari mereka, tetapi apa yang sesungguhnya mereka inginkan serta kapan dan bagaimana mereka inginkan. Atau secara singkat adalah memenuhi kebutuhan pelanggan (Hadi Sugito, 2008).
Kepuasan konsumen sepenuhnya dapat dibedakan pada tiga tingkatan, yaitu: 
1.      Memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar konsumen, contoh : Wiraniaga toko daging A menunjukan jenis daging yang dibutuhkan seseorang konsumen. Ia menanyakan beberapa kg diperlukan, kemudian ditimbang dan dibungkus.
2.      Memenuhi harapan konsumen dengan cara yang dapat membuat mereka akan kembali lagi. Contoh : Wiraniaga toko daging B menunjukan jenis daging yang dibutuhkan seorang konsumen. Ia menunjukan jenis daging apa yang diperlukan (disesuaikan dengan masakannya), yang sudah di “dikemas” atau tidak (dijelaskan keuntungannya), kemudian di timbang diberi es dan dibungkus.
3.      Melakukan lebih daripada apa yang diharapkan konsumen. Contoh : Wiraniaga toko daging C (selain seperti di toko daging B), juga dijelaskan berbagai hal tentang kualitas daging dan perbedaan dari masing-masing jenis daging, jenis kemasan (vacum atau tidak dan selain itu diberikan alternatif daging dari industri yang lain (setengah atau sudah matang). Setelah itu ditimbang, diberi es, dibungkus dan diserahkan sambil tersenyum serta mengucapkan terima kasih.
Dari ketiga tingkatan diatas, keberhasilan strategi pemasaran dapat dicapai apabila sudah mencapai ke tingkatan 3, yaitu yang paling memberikan kepuasan kepada konsumen (Hadi Sugito, 2008).

Pustaka
Hadi Sugito, (2008) , Strategi Pemasaran dan Pengendalian Mutu Produk , Pusat Pengembangan Bisnis & Manajemen (P2BM) RIAU

Kotler, Philip (2002), Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Milenium, PT. Prebalindo, Jakarta.

Tjiptono, Fandy (2001). Prinsip-prinsip Total Quality Servicesm Edisi Kedua, Cetakan Pertama, Penerbit Andi, Yogyakarta.

2 komentar:

terima kasih artikelnya sangat mencerahkan