27/06/11

Layar Sentuh

Perkembangan teknologi dewasa ini menunjukkan perkembangan yang sangat pesat, sehingga dulu tergolong mewah, saat ini sudah bias dinikmati oleh semua lapisan social masyarakat. Akhir-akhir ini sedang marak munculnya berbagai gadget yang menggunakan layar sentuh, mulai dari monitor hingga handphone.
Jika kita ingin membeli suatu gadget yang menggunakan teknologi layar sentuh, pastikan terlebih dahulu spesifikasinya. Ada dua macam teknologi layar sentuh, yaitu capacitive dan resistive. Pertanyaannya adalah apakah perbedaan kedua teknologi tersebut?


Teknologi resistive menggunakan metode perubahan resistansi. Touchscreen ini dibentuk oleh dua buah layer yang terpisah oleh gap yang sempit. Ketika sebuah objek menyentuh layer paling atas, maka layer tersebut akan tertekan sehingga akan terhubung dengan layer dibawahnya. Hal itu mengkibatkan perubahan resistansi yang kemudian menyebabkan perubahan tegangan pada output.

Teknologi capacitive menggunakan metode perubahan kapasitif. Touchsreen ini terdiri dari insulator seperti kaca yang dilapisi dengan tarnsparent conductor. Ketika jari manusia menyentuh permukaan kaca, maka akan terjadi perubahan medan elektrostatik yang dapat diukur sebagai perubahan kapasitansi ( prinsip kapasitor berawal dari medan listrik ).

Teknologi resistif lebih mudah diproduksi dan lebih murah. Namun tidak mendukung multi-touch. Teknologi ini juga akan mengalami distorsi seiring waktu dimana harus diadakan kalibrasi.
Berbeda dengan teknologi kapasitif, teknologi ini lebih teliti dan lebih halus. teknologi ini hanya menerima input dari bagian tubuh manusia (karena bersifat kontuktor ), jadi ketika sebuah benda mati menyentuh layar, maka tidak akan diproses oleh kontroler. Teknologi ini juga mendukung multitouch sehingga lebih populer digunakan pada gadget terbaru. Namun teknologi ini lebih mahal sehingga gadget yang menggunakan teknologi ini juga akan lebih mahal. Kekurangan yang lain adalah, gadget ini tidak optimal digunakan di daerah yang dingin karena mengurangi efek elektrostatik pada tubuh manusia. Juga akan memberikan kesulitan bagi user dengan kuku panjang dan untuk mengoperasikannya tidak boleh memakai sarung tangan.

Semoga info ini bermanfaat bagi anda. 


2 komentar:

1.cara klbrsi resitive gmn mas?
2.Trs dmn?
3.Brp biayax?
4.Sx brp klbrsx mas?
5.N ap akbt klo g dklbrs?

sekedar urun rembuk, dari pertanyaan diatas juga tidak spesifik jenis, merk layar sentuhnya, kalibrasi sebenarnya bukan hal yang sulit namun meskipun demikian lebih baik jika dibawa ke ahlinya, sehingga dampak atas kesalahan karena pengetahuan yg terbatas dapat diminimalisir.