13/02/11

Atasi Kantuk di Tempat Kerja

Perkembangan jaman juga mempengaruhi aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Kalau pada jaman dahulu, manusia memenuhi kebutuhan hidupnya dengan bekerja menggarap tanah, bisa berupa sawah atau tegalan, jadi jika kantuk menerpa disaat sedang bekerja bukan hal yang berat tuk mengatasinya, tinggal cari pohon rindang, apalagi di tepi sungai dan angin yang semilir. Istirahat sebentar sambil memejamkan mata. 
Namun saat sekarang, aktivitas manusia sudah berkembang, tidak hanya menggarap tanah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, ada yang mondar-mandir di jalan, duduk di belakang meja, bahkan ada yang duduk sambil menembus awan (pilot pesawat maksutnya xixixixixixixixixi). Oke, langsung saja, bagi anda yang menghabiskan waktu seharian di dalam ruangan dan melakukan aktivitas duduk di belakang meja, berikut ini, ada tips untuk menghilangkan rasa kantuk yang menyapa;
1.   Peregangan di kursi. Peregangan akan meningkatkan aliran darah ke otot-otot dan membantu Anda merasa lebih bugar, demikian menurut Leigh Crews, trainer dan juru bicara American Council on Exercise. Anda bahkan bisa melakukannya di kursi. Duduklah dengan tegak, regangkan tulang belakang Anda, putar badan Anda ke kiri hingga nyaris menghadap ke belakang dalam 10 detik. Kemudian, balik tubuh Anda ke arah sebaliknya dalam hitungan yang sama.

2. Kunyah peppermint.
Entah itu dalam bentuk permen karet, permen isap, atau teh beraroma peppermint. Menurut Aimee Raupp, MS, ahli akupunktur dan penulis buku Chill Out and Get Healthy, aroma peppermint bersifat menyegarkan dan mampu memberikan rasa bugar dalam waktu singkat.

3. Ambil napas dalam-dalam
. Berhentilah sejenak dari apa pun yang sedang Anda kerjakan. Putar pundak Anda ke belakang, busungkan dada, lalu tarik napas dalam-dalam sebanyak empat kali, demikian saran Woodson Merrell, MD, penulis buku Power Up. Latihan pernapasan ini akan membantuk Anda merasa rileks, mampu kembali fokus, dan menyegarkan kembali pikiran dan tubuh. Setelah itu Anda akan siap menyelesaikan laporan keuangan yang tadi tertunda.















0 komentar: