05/09/09

Kita Bangsa Besar

Lagi dan lagi bangsa kita diusik oleh tingkah dari Negara Serumpun, yang telah kesekian kalinya mengklaim budaya bangsa Indonesia dan dipublikasikan untuk iklan pariwisata negaranya. Malaysia, negara tetangga yang begitu dekat dengan negara kita, atau saking dekatnya malahan negara tersebut berani melakukan hal tersebut????
Dari reog, batik, angklung, sampai yang terakhir adalah tari pendet diakui negara tersebut dan dijadikan ikon promosi pariwisatanya. Berdalih pihak swasta yang membuat pemerintah Malaysia mencoba berkelit dari amarah rakyat bangsa Indonesia.
Namun dari sekian banyak peristiwa pencaplokan budaya bangsa kita oleh negara tetangga hendaknya kita sebagai bangsa tidak hanya harus mengumbar amarah dan main tuntut baik secara hukum maupun main sumpah serapah sembarangan. Sebagai bangsa yang besar kita harus mau dan mampu instropeksi diri terhadap peristiwa tersebut.
langkah pasti yang harus dilakukan adalah menginventarisasi hasil kebudayaan tak benda yang kita miliki. peristiwa klaim tersebut merupakan teguran yang bagus bagi kita untuk kembali melakukan inventarisasi budaya bangsa.

0 komentar: