07/07/12

4 Pilar Berperang Dengan Diabetes


Diabetes adalah bentuk pendek dari suatu kondisi medis yang disebut Disbetes Mellitus. Diabetes adalah suatu kondisi dimana pankreas mengalami masalah. Pankreas berfungsi memproduksi hormon insulin yang membantu dalam penyerapan glukosa. Saat pankreas tidak dapat memproduksi cukup insulin, glukosa mulai menumpuk dalam aliran darah. Hal ini menyebabkan komplikasi lain dan risiko kesehatan. Di antara sistem tubuh yang terkena dampak jika kondisi tersebut terjadi adalah sistem saraf, pencernaan, peredaran darah, endokrin dan sistem kemih.

Diabetes tidak hanya menyerang orang-orang tua (usia non produktif) melainkan juga dapat menyerang  orag-orang muda (usia produktif) bahkan anak-anak juga rentan dengan diabetes. Indonesia merupakan peringkat ke 4 di dunia yang angka diabetesnya tinggi, jadi sangatlah penting untuk kita ketahui dengan detail mengenai diabetes ini. 

Empat Pilar dalam mengatasi Diabetes adalah sebagai berikut ;
1.  Edukasi, Anda harus mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang diabetes. Anda, tidak bisa datang ke dokter dan mengharapkan mendapatkan informasi dari sang dokter mengenai diabetes ini dengan detail, karena disaat anda konsultasi pasien lainnya sudah menunggu. Jadi yang harus dilakukan adalah dengan mengumpulkan informasi melalui  media cetak, Internet, seminar-seminar kesehatan dan sebagainya.
2.    Olah Raga, ini harus mutlak dilakukan tidak hanya yang terkena diabetes
3.  Memperbaiki pola makan dan suplementasi. Bagi anda yang tinggal di daerah perkotaan tentunya sulit mendapatkan makanan yang sehat, karena mencari sayuran organik, buah organik sangatlah sulit ditemukan, jadi suplementasi sangat diperlukan.
4.  Pengobatan, bukan berarti setelah anda positif terkena diabetes baru datang ke dokter dan melakukan pengobatan, atau apabila anda mengetahui kadar gula dalam darah anda tinggi langsung datang ke dokter dan minta obat untuk menurunkan atau menormalkannya. Semua tahapan ini harus anda lakukan. Pilar ke Empat adalah pilar terakhir yang harus anda lakukan.

Salam Sehat

 

0 komentar: